Dasar-dasar HUMAS_ 08-03-2010
·
Humas: Sesuatu yang
merangkum keseluruhan komunikasi yang terencana, baik itu kedalam maupun
keluar, antara suatu organisasi dengan semua khalayknya dalam rangka mencapai
tujuan2 spesifik yang berdasarkan pada pengertian
( Jefkins, 1996: 6)
·
PR: fungsi managemen
yang melakukan evaluasi tehadap sikap2 publik, mengidentifikasi kebijakan2
komunikasi untuk memperoleh pemahaman dan penerimaan public.
Buku yang digunakan
Teori dan Profesi kehumasan Linggar Anggoro
Tanggal;
14-06-2010
v Siaran
pers masih menjadi salah satu kegiatan HUMAS.
v 4
hal menciptakan hubungan pers yang baik:
a.
Susunan berita harus
senada dengan gaya penulisan para jurnalistik
b.
Siaran berita harus
dibuat dalam gaya tulisan yang singkat dan padat
c.
Bobot, karakter, dan
kandungan siaran berita harus sesuai dengan reputasi dan karakter media yang
bersangkutan.
d.
Hendaknya media
dikirimkan kebeberapa media cetak
Rumusan SOLLADS
biasanya digunakan untuk pengenalan ( promosi ) produk.
Kegiatan humas
1.
Membuat company profile
2.
Membangun jaringan baik
internal ataupun eksternal
3.
Pengenalan produk
4.
Mengadakan pameran
5.
Mengadakan jumpa pers.
Standar / rumus berita humas
SOLLADS:
S; Subject
O: Organisation
L: Location organization
A: ( Keunggulan)
A: ( Penerapan)
D: ( Rincian)
S: ( Sumber)
·
Dasar
keterampilan PR ( public Relation)
1.
Komunikasi
2.
Citra/
image
3.
Hubungan
kerja
·
Jenis Citra atau image
1.
Citra
bayangan ( mirror image ):
Citra
yang dianut oleh orang mengenai pandangan luar terhadap organisasinya, dimana
citra ini melekat pada orang dalam atau anggota organisasi. Biasanya adalah
pimpinan dari suatu organisasi tersebut.
2.
Citra
yang berlaku ( Current image ):
Suatu
citra atau pandangan yang melekat pada pihak2 luar mengenai suatu
organisasinya. Citra ini cenderung negative, apatis, bersifat memusuhi, dan
penuh prasangka.
Amat
ditentukan oleh banyak sedikitnya informasi yang mempercayainya
Ex: Citra dalam sebuah Penjara. Atau lembaga
kemasyarakatan.
3.
Citra
yang diharapkan ( Wish image):
Citra
yang diinginkan oleh pihak managemen. Biasanya citra ini diharapkan lebih baik
atau menyenangkan dari pada citra yang ada. Wish citra ini dirumuskan dan
diperjuangkan untuk suatu yang baru ketika khalayak belum memiliki informasi
yang memadai.
4.
Citra perusahaan (
Coorporate Image)
Citra dari suatu organisasi secara
keseluruhan bukan citra atas produk atau pelayananya. Faktor dari citra
perusahaan antara lain: Sejarah atau riwayat hidup perusahaan, keberhasilan
yang diraih, sukses ekspor, hubungan industry yang baik, reputasi yang baik,
kesediaan memikul tanggung jawab social, komitmen mengadakan riset.
Perusahaan yang
memilki reputasi yang baik umumnya memiliki:
Ø Hubungan
yang baik dengan pemuka agama/masyarakat
Ø Hubungan
positif dengan pemerintah setempat
Ø Resiko
krisis yang kecil
Ø Rasa
kebanggan dalam organisasi
Ø Saling
pengertian antara khalayak internal dan eksternal
Ø Meningkatkan
kesetiaan para staf perusahaan
5.
Citra Majemuk( Multiple
image):
Setiap perusahaan atau organisasi pasti
memilki banyak unit dan pegawai (anggota) secara sengaja atau tidak, mereka
memunculkan suatu citra yang belum tentu sama dengan citra organisasinya.
Ex: Uniform karyawan,
jenis dan warna mobil dinas, simbol2 tertentu yang menunjukkan identitas
perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar